Terciptanya sarjana teknik mesin yang profesional dan berkualitas serta berakhlakul karimah dan handal dalam bidang teknik mesin, sehingga mampu bersaing di era pasar di Priangan Timur dengan tetap mempertahankan adat dan budaya bangsa Indonesia

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran teknik mesin secara professional dan berkelanjutan.
  2. Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat dibidang teknik mesin
  3. Mewujudkan peran serta kampus dalam upaya meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan dan pengabdian kepada masyarakat secara edukatif, konsisten, terprogram, dan berkelanjutan dengan tetap mengacu pada kajian dan referensi berbagai ilmu pengetahuan.
  4. Melahirkan Sumber Daya Manusia atau sarja teknik mesin yang berakhlaqul karimah, profesional, dan berkualitas.

Tujuan pendidikan STIT Bina Putera Banjar adalah:

  1. Menghasilkan sarjana teknik mesin yang memiliki sikap yang professional serta pengetahuan dan keterampilan yang layak/ memadai untuk dapat bersaing di Priangan Timur pada era industri, khususnya di bidang teknik mesin.
  2. Melakukan pelayanan jasa konsultasi dalam industri infrastruktur teknik mesin serta pengabdian masyarakat pada umumnya.
  3. Mengembangkan ilmu dan keahlian dalam bidang teknik mesin.
  4. Mendorong  peningkatan IPM daerah yang ditinjau dari aspek tingkat pendidikan masyarakat melalui pemberian bantuan biaya kuliah khususnya warga masyarakat kurang mampu yang disesuaikan dengan progress anggaran yang ada.

Untuk mencapai tujuan tersebut, STIT Bina Putera Banjar menetapkan sasaran jangka panjang sebagai berikut:

  1. Peningkatan kualitas staf dosen/ pengajar melalui peningkatan jenjang penndidikan formal dari S1 mencapai S2, dari S2 mencapai S3, dengan target dosen yang bergelar S2 minimal berjumlah 80 % dari seluruh staf.
  2. Peningkatan wawasan dan keahlian staf pengajar melalui pengiriman untuk mengikuti berbagai workshop di dalam dan di luar negeri dalam bidang keahlian masing-masing. Pengiriman ini minimal 1 (satu) kali dalam setahun untuk setiap bidang studi.
  3. Peningkatan disiplin pemenuhan kewajiban belajar-mengajar dan membimbing dengan menggunakan metode dan peralatan terkini. Dalam hal ini misalnya penggunaan LCD, penyediaan buku ajar, visualisasi materi ajar, dan pemakaian internet atau online system program
  4. Peningkatan kerjasama dengan rekanan bisnis untuk melayani kegiatan masyarakat industri dalam bentuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan menjalankan unit usaha di dalam koordinasi masing-masing program studi, sehingga para dosen dapat bekerja sama dalam satu tim di bawah naungan STIT Bina Putera Banjar.
  5. Pemantapan strategi dengan segenap stakeholders pendidikan tinggi terutama para pemakai jasa teknik mesin, untuk hal ini seminar nasional dalam bidang teknik mesin, dilakukan minimal setahun sekali. Demikian pula pertemuan Alumni dilakukan minimal setahun sekali.
  1. Menciptakan sistem manajemen kampus modern yang kuat melalui konsep keterbukaan, kebersamaan, kesungguhan, dan keikhlasan.
  2. Meningkatkan kualitas para dosen teknik mesin dan staf dalam mengelola dan melayani mahasiswa.
  3. Meningkatkan infrastruktur kampus yang berkualitas dan proporsional.
  4. Meningkatkan kemandirian profesi dan kinerja para dosen teknik mesin melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan.
  5. Menciptakan budaya kerja yang tetap dinamis dengan semangat kekeluargaan.
  1. Memberikan pelayanan prima yang berpihak pada mahasiswa, staf, dan dosen.
  2. Membangun dan memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai unsur terkait, lembaga/ instansi pemerintah/ swasta, termasuk dunia industri.
  3. Meningkatkan peran serta LPPM kampus terhadap kepedulian kebijakan pemerintah melalui kajian akademisi.
  4. Optimalisasi peran serta kampus dan LPPM terhadap kepedulian masyarakat melalui karya nyata.
  5. Cepat tanggap terhadap perubahan/ perkembangan lingkungan dan jaman yang dinamis dengan memprioritaskan bantuan biaya pendidikan tinggi sebagai sikap peduli terhadap kepentingan masa depan bangsa

Dengan penuh keikhlasan, kesungguhan, dan kebersamaan yang di landasi dengan semangat kekeluargaan, keselarasan, dan keseimbangan mari MAJU TAK GENTAR.